SEJARAH

Nilam, rempah unggulan Aceh Jaya akan dipamerkan di PKA ke-8

DISTORI.ID – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya akan mengikuti semua jenis kegiatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 yang dilaksanakan pada 4-12 November 2023, di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh. Kegiatan dimaksud seperti perlombaan, pawai maupun pameran.

Terkait pameran di anjungan PKA, kali ini kabupaten tersebut akan memamerkan “Sejarah Jalur Rempah Aceh Jaya”, khususnya nilam (rempah aromatik) sebagai rempah unggulan Aceh Jaya.

“Untuk anjungan dan bahan-bahan dipamerkan semuanya sudah kita siapkan,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Aceh Jaya, Abu Bakar, Selasa (31/10/2023).

Menghitung hari menuju pembukaan PKA-8, para panitia PKA Aceh Jaya saat ini telah mempersiapkan sejumlah keperluan, seperti peserta lomba, pawai hingga anjungan. “Persiapan hampir 100 persen dan kita siap ikut dalam kegiatan itu,” ucap Abu Bakar.

Abu Bakar menyebutkan, Aceh Jaya akan mengikuti perlombaan di antaranya Gelayang Tunang, Genteut, Kayuh Jalo, Peayon Aneuk, penampilan tarian Warisan Budaya Takbenda (WBTb).

Kemudian, kata dia, juga akan disajikan kuliner khas Aceh Jaya dengan melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal, seperti Cingkui, Bude, Kopi Portugis, Mie Guritno, dan lain-lain.

Dengan adanya kegiatan PKA-8 ini, Abu Bakar berharap Kabupaten Aceh Jaya bisa dikenal, terpromosi dengan baik, dan mendapat perolehan juara. Ia juga masyarakat untuk mendukung pelaksanaan PKA-8.

“Mari kita dukung kegiatan ini dengan penuh semangat,” ajak Abu Bakar. []

Reporter: Zahlul Akbar
Editor: M Yusrizal

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button