HEADLINELINGKUNGAN

GeRAK minta pemerintah tangani tumpahan batu bara di pesisir Aceh Barat

DISTORI.ID – Koordinator Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh Barat, Edy Syahputra meminta pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Barat untuk segera turun ke lokasi tumpahan batubara yang bertebaran di bibir pantai Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meurebo, Kabupaten Aceh Barat.

“Dari informasi yang kami dapatkan, baik via media dan sebaran pesan via grup media sosial bahwa kejadian ini diketahui terjadi pada 13 Maret 2023 lalu,” sebut Edy Syahputra, Rabu (15/3/2023).

Menurutnya, penting bagi DLH Kabupaten Aceh Barat menyikapi kasus tersebut untuk kemudian ada pihak yang harus dimintai pertanggungjawaban. Kata Edy Syahputra, tumpahan batu bara berdampak pada kerusakan lingkungan.

“Telah menimbulkan kerusakan lingkungan di laut, terutama biota laut yang ada di area laut tersebut, dan pastinya pihak yang dirugikan adalah nelayan setempat,” ujarnya.

Edy Syahputra meminta Pj Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi segera memerintahkan dinas terkait untuk menyelidiki peristiwa tersebut dan memanggil perusahaan yang saat ini sedang melakukan bongkar muat batubara di laut.

“Sepatutnya, ada pihak yang harus dikejar untuk bertanggungjawab, sehingga mereka yang terkena dampak langsung wajib mendapatkan kompensasi dan kerusakan lingkungan juga wajib dipulihkan oleh mereka para pelaku,” sebut Edy Syahputra.

Namun, kata Edy Syahputra, pemerintah masih belum memprioritaskan penyelesaian berbagai persoalan dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup.

“Dugaan kami, pemerintah belum mampu untuk menjalankan sepenuhnya atas implementasi UU PPLH No 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,” sebut Edy. []

Laporan | Zahlul

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button