BUDAYA

Pawai kemenangan 100 obor sambut Idul Fitri di Calang

DISTORI.ID – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pasie Luah Desa Dayah Baroe Calang, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya menggelar Pawai Obor, Jumat (21/4/2023) malam.

Ketua Pokdarwis Pasie Luah Calang Ikram mengatakan, acara ini digelar untuk menyambut hari kemenangan umat Islam dalam rangka lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023.

“Kegiatan ini diinisiasi oleh anggota Pokdarwis Pasie Luah, tujuannya untuk memberikan edukasi bagi anak-anak zaman sekarang dan untuk masyarakat luas dimana ada banyak cara kita memperkenalkan budaya yang sudah ada sejak dahulu,” kata Ikram.

Menurut Ikram, generasi baru saat ini sudah terlena dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, era digital yang terus berkembang menjadikan generasi Aceh terkadang lupa dengan sejarah dan budaya leluhur terdahulu.

“Kita pun tidak berekspektasi yang tinggi, dan Alhamdulillah acara kita disambut baik oleh masyarakat Kota Calang, dari target awal hanya seratus obor ternyata antusias warga melebihi dari yang kita siapkan,” sebut Ikram.

“Kedepannya Pokdarwis akan selalu aktif menggelar event karena target kita sendiri adalah untuk meramaikan Kota Calang, sehingga slogan ‘Seribu Satu Alasan untuk ke Calang’ bisa kita gaungkan,” tambah Ikram.

Ia berharap, dengan adanya gelaran Pawai Obor masyarakat semakin menerima keberadaan Pokdarwis Pasie Luah di Kabupaten Aceh Jaya.

“Pokdarwis Pasie Luah bukan hanya menggelar event yang hura-hura, tetapi juga mampu membuktikan bahwa event keagamaan juga bisa digelar tanpa mengurangi kesakralannya dari event tersebut,” sebut Ikram. []

Laporan | Zahlul

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button