DAERAH

Tol Blang Bintang – Baitussalam gratis untuk mudik lebaran

DISTORI.ID – PT Hutama Karya memastikan ruas tol Sigli – Banda Aceh (Sibanceh) seksi Seulimeum – Blang Bintang dan Seulimeum – Baitussalam siap dioperasikan pada mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah atau tahun 2023 Masehi.

Divisi Operasi dan Pemeliharaan tol Sibanceh Totok Masyadi, Sabtu (15/4/2023) mengatakan, ruas tol tersebut dapat dilalui pemudik pada 15 sampai 30 April 2023 pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam.

“Ruas fungsional Blang Bintang – Baitussalam belum dikenakan tarif alias gratis, akan tetapi pengguna jalan tetap menggunakan kartu e-Toll,” sebut Totok.

Lanjut Totok, pengenaan tarif hanya pada ruas tol seksi Seulimeum – Blang Bintang.

Persiapan Hutama Karya telah dilakukan dengan menggelar apel siaga mudik lebaran 2023 pada tanggal 1 April 2023 lalu. Apel tersebut melibatkan semua petugas tol, Patroli Jalan Raya (PJR) dan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib).

“Kami juga melakukan pengecekan kendaraan layanan tol dan peralatan tol untuk memastikan semua berfungsi baik untuk mengantisipasi lonjakan pengguna jalan selama periode lebaran 2023,” kata Totok.

Ia mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, diantaranya yakni berkendara dengan kecepatan antara 60 – 100 kilometer per jam, tetapi khusus ruas fungsional kecepatan maksimal 80 kilometer per jam.

“Kami menghimbau untuk menggunakan satu kartu Uang Elektronik [UE] hanya untuk satu kendaraan saja, serta memastikan kecukupan saldo sebelum memasuki gerbang tol,” ujarnya. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button