WISATA

Aceh Travel Mart 3.0 dukung pariwisata Indonesia dengan Malaysia

DISTORI.ID – Bagi tourism Malaysia, Aceh merupakan provinsi dengan segudang keunikan baik di bidang budaya, adat istiadat, kuliner, dan objek-objek wisatanya.

Masyarakat Aceh dinilai sudah memiliki wawasan kepariwisataan yang mumpuni sehingga menjadikan Aceh sebagai pasar yang potensial bagi tourism Malaysia.

Direktur Tourism Malaysia untuk wilayah Sumatera, Chan Hon Mun mengatakan, untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata diperlukan peran dan kerja sama yang solid dari seluruh pelaku industri pariwisata domestik maupun internasional.

“Aceh Travel Mart 3.0 berkomitmen mendukung kegiatan-kegiatan pariwisata Indonesia dengan Malaysia. Optimistis, dengan keikutsertaan ini dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi kebangkitan dunia pariwisata kedua wilayah,” sebut Chan Hon Mun pada acara Gala Dinner Aceh Travel Mart 3.0 di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Rabu (8/3/2023).

Untuk diketahui, Aceh Travel Mart merupakan pertemuan para pengusaha pariwisata dalam maupun luar negeri, dengan tujuan untuk memulihkan pariwisata Aceh yang mulai bangkit kembali pascapandemi Covid-19.

Gala dinner tersebut dihadiri oleh pelaku industri pelancongan dari seluruh Indonesia, termasuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), dan pelaku pariwisata yang tergabung dalam BUYER dan SELLER.

Ketua ASPPI Aceh, Azwani Awi berharap Aceh Travel Mart 3.0 mampu mengulang kesuksesannya sebagaimana Aceh Travel Mart 2.0 tahun 2021 dengan total transaksi sebesar Rp2 miliar.

“Kendati pada saat itu masih diberlakukannya PPKM atau pembatasan perjalanan disebabkan pandemi Covid-19,” ucap Azwani Awi.

Diketahui, setelah dihapusnya persyaratan vaksin, PCR, dan karantina akibat pandemi Covid-19, sebanyak 1 juta wisatawan mengunjungi Indonesia pada tahun 2022.

“Tourism Malaysia akan menghadirkan lebih banyak produk-produk wisata yang lebih variatif, mencakup leisure weekend seru dan wisata minat khusus (niche product),” sebut Azwani Awi. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button