DISTORI.ID – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto meluncurkan aplikasi Mymountala yang digagas oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mountala Aceh Besar.
“Aplikasi tersebut akan mempermudah masyarakat dalam hal melakukan pemasangan meteran atau sambungan baru,” kata Iswanto saat meresmikan aplikasi MyMountala, di Kota Jantho, Aceh Besar, Rabu (20/9/2023).
Iswanto mengapresiasi PDAM Tirta Mountala Aceh Besar yang telah menghadirkan Aplikasi MyMountala sebagai bentuk komitmen dalam memberikan layanan yang lebih efisien dan transparan kepada pelanggan.
“Tentunya dengan hadirnya aplikasi ini dapat membantu pelanggan dalam melakukan transaksi baik itu sambungan baru, pembayaran dan juga untuk melakukan pengaduan terkait masalah atau kendala dalam pelayanan,” katanya .
Lebih lanjut, dia meminta komitmen PDAM untuk terus memastikan air bersih mengalir ke rumah-rumah penduduk di Aceh Besar.
“Ketika itu belum terpenuhi [air bersih] ataupun ada kendala-kendala yang terus dihadapi. Maka, keberadaan dan tugas fungsi kita belum maksimal,” ujar Iswanto.
Ia juga meminta untuk mengevaluasi jajaran PDAM Tirta Mountala supaya ada peningkatan-peningkatan dalam memberikan pelayanan. Sehingga masyarakat yang mendapatkan aliran air bersih terus bertambah dan debit airnya semakin banyak.
“Karena, masyarakat tidak mau tahu bagaimana kendala kita di lapangan, masyarakat hanya ingin air bersih dapat mengalir ke rumah-rumah, dan itu hak mereka. Hal tersebut harus menjadi mindset dan pedoman kita seluruh direksi dan petugas PDAM,” tegas Iswanto.
Di akhir sambutannya, ia meminta kepada Direktur dan seluruh jajaran direksi PDAM untuk memaksimalkan dan manfaatkan sumber daya ataupun potensi yang bisa dikembangkan untuk memaksimalkan pelayanan air bersih kepada masyarakat.
“Insyaallah, ketika air itu sudah mengalir ke rumah sesuai harapan masyarakat, maka di saat itu lah kita sudah berkerja dengan maksimal,” pungkasnya
Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Mountala Aceh Besar Sulaiman menjelaskan, peluncuran aplikasi MyMountala ini untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pemasangan meteran atau sambungan baru.
“Sejak awal September kami sebarkan kepada konsumen untuk menggunakan aplikasi MyMountala, ternyata hingga sekarang sudah banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi tersebut untuk melalukan pemasangan meteran baru,” jelasnya
Sulaiman mengatakan, selain memudahkan masyarakat, peluncuran aplikasi MyMountala juga menghindarkan masyarakat dari praktik pungli yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.
“Selama ini banyak sekali masyarakat menyampaikan untuk pemasangan meteran baru sudah melebihi dari target yang sudah ditentukan dengan SK Bupati. Jadi, hadirinya aplikasi ini untuk menepis persoalan yang terjadi di masyarakat selama ini,” ungkapnya.
Ia menambahkan, sejak diluncurkan aplikasi MyMountala sudah bisa digunakan dan bisa di download di Play Store. Selain terdapat fitur sambungan baru, aplikasi ini juga terdapat fitur-fitur lainnya seperti pengaduan masyarakat.
“Aplikasi sudah bisa digunakan, di dalam aplikasi tersebut selain untuk sambungan baru, ada juga beberapa fitur lain seperti pengaduan masyarakat apabila terdapat masalah”, tambahnya
Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, masyarakat harus mendownload atau instal aplikasi MyMountala Tirta di Play Store yang ada di smartphone. Setelah itu buka aplikasi tersebut, dan klik daftar.
“Nanti, di sana masyarakat akan diminta keterangan identitas asli seperti nama lengkap sesuai KTP, email yang masih aktif, dan juga nomor handphone yang terdaftar,” pungkasnya. []
Editor: M Yusrizal






